Welcome to Misskattie.com

Follow By Bloglovin

Follow on Bloglovin

HOT TOPIC!

Saturday, 22 September 2012

Fenomena dalam dunia perbloggeran

Aduh judulnya terkesan berat ya?
Hanya sekedar sharing dan chit chat kepada pembaca dan sesama anggota blogger.
Fenomena 1 follow to follow
Terkadang saya melihat banyak sekali blogger meminta follow, nanti saya follow back. Apakah ini salah?
Tidak ada yg pantas dan layak mengatakan ini salah...
Selama yang bersangkutan tidak merasa keberatan dan terbeban memfolow orang, tidak ada yang salah...
Yang salah adalah..jika yg diajak untuk follow tdk mau mengfollow. Namun si blogger tersebut terus menerus memaksa. Annoying kan?
Ada baiknya jika kalian ingin difollow seseorang, followlah orang tersebut dan tawarkan komen "maukah anda follow back pls?"
Mau tidak mau itu terserah dia, silakan unfollow bila kalian merasa "rugi".
Sebenarnya, kalian tidak perlu memaksa orang untuk follow kalian terlebih dahulu, ini berarti kalian takut kalau dia tdk follow back dan rugi sudah nambah jumlah follower mereka.
Atau seperti saya, terkadang saya follow back org bukan karena dia follow saya, tetapi saya suka dengan blognya. Taukah kamu, akan merasa annoying jika kalian "terpaksa" follow seseorang karena suatu alasan.
Jumlah follower dan viewer dikit?
Banyak bbrp faktor menyebabkan follower anda sedikit/tdk ada. Mungkin:
* blog anda tidak menarik
* isinya susah dimengerti
* tdk dikenal, who's care?
* target reader tidak tepat.
Dan ada beberapa kasus saya baca, senior blog diminta newbie untuk follow blog newbie.
Apa reaksi senior blogger? Diam dan tak membalas, ada juga membalas.
Lalu kalian judge mereka sombong?
Stop!
Itu hak mereka. Mungkin mereka merasa senior atau mungkin mereka berpikir saya follow seseorang karena isinya menarik. Kenapa harus saya follow kamu? Isi blogmu ga menarik.
Jadi, daripada sibuk gangguin senior blogger untuk follow back kalian. Better belajar drpd para senior blogger , kenapa sih mereka bisa disukai, banyak viewernya? Dengan begitu. Kamu bs menciptakan follower setia drpd followerr semu yg terpaksa.
Oh ya sedikit cerita lucu, dari copycat seseorang
Kalian tau stella lee?(maaf stella bawa nama kamu), dia terkenal dengan rambut pirangnya dan poni tebalnya.
Sudah gituu kl saya ketemu dia dievent. Dia plg gampang dikenali dengan trademark rambut panjang pirangnya.Itu ud trademark stella kyknya. ;)
Nah ceritanya, "kayaknya" ada salah satu blogger ngikutin gaya stella lee. Dari panjang rambut, warna rambut blonde, sampai poni tebal (kl tak salah ingat) pas liat sepintas, ini stella lee ya?
Pas dia menghadap depan dengan wajahnya bukanlah wajah stella lee...
Tp justru penampilan dia terlihat super aneh krn memaksakan diri mirip kaya stella lee.
Ya ga ada juga yg salah, sah sah saja... Sayapun ga berhak kritik. Cuma better jadilah diri sendiri. Supaya kita bisa menunjukan kepada orang kalau kita beda dengan dia.
fenomena 2 giveaway rules
Salah satu persyaratan giveaway para blogger dan vlogger adalah "follow my twitter", "follow my blog/youtube" atau like fan page.
Saya juga ga munafik, saya menerapkan kok rules ini pada giveaway saya.
Apa yg terjadi? Yg follow twitter saya membludak banyak, namun begituu event selesai. Beberapa dr Mereka unfollow saya.
Nyesek? Enggalah... Jadi saya tau ohhh dia tipenya kaya gituuu. Saya juga ga akan mau memaksakan atau neror org untuk selalu suka dan follow twitter saya. Syukur syukur yg join giveaway dan masih ada yg memfollow twitter saya.
Saya menerapkan rule follow twitter bukan pengen nunjukin "saya penting...saya mau tekenal...kamu harus ikuti saya"
Tapi karena saya baru menggunakan twitter dan ga lucu donk.. Masa didunia twitter saya sendirian ga ada yg nemenin ngobrol hahahaha...ya ga? Jadi rules giveaway follow twitter boleh donk.
Bagaimana dengan follow blog? Sama kaya follow twitter sah sah aja. Mau buat aturan seperti itu ;)
Terus like fanpage fb? Nah ini dia agak beratttt
Saya tdk ada fanpage, karena saya blm terkenal dan sebesar artist.
Ngapain mereka like fanpage saya kl cuma terpaksa ikut giveaway dan mereka harus pusing melihat home fb penuh dengan postingan saya. Hahaha....
Saya tdk mau memaksakan org untuk fanpage. Maybe someday kl saya banyak pembaca dan dukungan massa (kampanye kaleeee) baru tak bikin fanpage.hehehe..
Kl cuma likenya 3-10org mending add as friend aja x ya di fb pribadi.
Terus terang, saya terkadang tdk ikut giveaway blogger kenapa?
Selain saya gaptek dengan sistem mesin mereka. Bbrp blogger meminta like fanpage. Waduhhhh kl saya ga suka sebenarnya dengan fb dia gmn? Cm demi hadiahnya! Jangan deh kasian... Ga mgkn kan kamu unlike lagi setelah giveaway berakhir! Again itunamanya kalian terlalu, better ga usa ikutan giveaway dia.
Fenomena 3
Copycat blog orang.
Saya pernah baca salah satu blogger dicopy reviewnya oleh blogger lain, habis habisan.
Buset! Sebenarnya apa tujuan kamu blog kalo cm mau copy dan kamu tdk bs review dengan bahasamu? Cm mau terkenal dan dikenal? Mending dirimu aktif kegiatan sosial lingkungan aja. Lebih mudah dan bs dikenal masyarakat.
Apakah ini salah copycat blog orang?
Ya salah lah! Siapa coba yg rela dicopy isi review tanpa ijin dan mengcantumkan sourcenya?
Apalagi kalau sampai comot foto blogger lain,untuk blog kamu tanpa ijin.
Ohya, sebelum saya di demo sama pembaca, mgkn kalian bbrp lihat foto saya "mungkin" mirip dengan temptalia. Jika ya "terharuuu" saya bukan comot ft dia ya. Saya take a pic by myself. Dia sangat menginspirasikan saya dlm dunia blogger, saya banyak belajar dr dia. Dr segi gaya foto dan kerapian blognya.bukan berarti saya copy paste foto dan isinya.
Ga tau dan ga ada ide mau nulis apa dlm review?
Drpd comot blog org dan tempel review mereka diblogmu. Terus dihujat massa. Better kamu pejamkan mata...tarik nafas. Berpikirlah apa yg kamu ingin katakan tentang produk ini. Apa yg kamu tdk suka dan suka. Expirementlah terlebih dahulu agar kamu tau seperti apa produk reviemu.
Sebenarnya penuh resiko didunia maya.. Ada hater and lovers. Tdk semua dunia perbloggeran berjalan mulus. Semoga chit chat ga penting ini ckp menghibur pembaca yaaa...
Sekian dulu ya cerita fenomena di dunia perbloggeran ;)
Mohon maaf jika ada kata yg salah...
Love
Misskattie.com
Xoxo
Misskattie
Catherine@misskattie.com 😝
- Posted using BlogPress from my iPad



Xoxo
Misskattie
Catherine@misskattie.com 😝
- Posted using BlogPress from my iPad

22 comments :

dytarez said...

haha yang follow dan followback itu aku banget

Aku ga pernah keberatan kalo ada yg minta followback atau ngefollow twitter karena "syarat" giveaway. Dan kalo udah ngefollow blog/twitter ga bakal aku unfollow kecuali dia annoying terus meresahkan warga terus menyebabkan kiamat semakin dekat *lebay* baru aku unfollow :D

aku terkadang "minta" followback blog, tapi nggak maksa sih. Terserah dia aja. Difollow aku senang, ga di follow yaudah aku ga rugi apa" juga. Tapi alhamdulillah ada aja yg ngefollow tanpa aku minta dan itu bikin aku terharuuu T_T ya meskipun followersku dikit tapi aku senang kalo ternyata tulisanku ada yang baca jadi ga kayak curhat sama tembok >,<

yah aku nulisnya kepanjangan haha maaf ya kak :D

Shasha said...

Fenomena follow2an memang kayaknya dari dulu banget ya.. waktu pertama-tama aku nge-blog juga sempat ikut2an "want to follow each other, etc). tapi untung sudah "bertobat" he5.. kadang yang suka nyesek memang, ada yg komen di blog bilang "follow aku ya, nanti aku follow balik", seperti yg c katie bilang, kalau memang niat follow dari pertama kan harusnya dia follow blog kita dulu baru nulis gitu.. kalau aku dapet komen kayak gitu biasanya aku diemin..bukannya sombong, tapi menurutku itu ga niat banget. aku lebih menghargai orang yang udah follow blog aku lalu minta di follow balik *masih lebih mending menurutku*. Lalu mengenai follow balik, sekali lagi bener yg diomong c katie, menurutku itu kembali lagi ke orangnya, kalau aku enjoy baca blog seseorang aku pasti dengan senang hati follow org tsb tanpa perlu minta2 di follow balik. aku yakin kalau memang blognya menarik pasti follower juga akan datang sendiri. Banyaknya follower juga bukan jaminan kalau blog tersebut bagus kan.*maaf jadi curhat ce* ha5

SEKAR O(≧∇≦)O said...

Udah ngeblog dr 2010 aku br ngeh fenomena follow2 tuh tahun 2012..
Wkwkwkw gag pernah ngerti karena dulu niatnya cuma buat iseng dan bagi2 info. Trus br ngeh ini kok ada yg follow2 apaan ya?? Tapi berhubung gag niat cari follower ya aku diemin aja. Aku jg br ngeh soal fenomena follow dan follback ya awal2 tahun ini.

Hi hi hi cupu abis dehh....

Xiao Vee said...

haha setuju banget c..
aku awal2 newbie jg sempet minta difollow2 jg sih, biar ada temen ngobrol haha >.< tp abis gitu ya berjalan sesuai apa adanya aja deh..
nice post :)

SEKAR O(≧∇≦)O said...

Ahh Xiao Vee kmu salah satu org yg memfollow aku di awal-awal pada saat aku tidak mengerti apa itu follower!! Maap baru follback belakangan karena aku mmg gag ngerti. *curcol

Conietta Vyonella Zeyn said...

Sampe sekarang follower blogku sedikit, tapi aku malah seneng karena dapet penggunjung setia
Tapi gak munafik juga sih pengen followernya banyak, sejauh ini gak pernah maksa orang buat follow karena paling takut sama postingan/komen di dunia maya, gak kenal tapi bisa aja menghujat kita. .

Ceecile ~Priscilla Clara~ ^^ said...

Setuju sama kamu Kattie, blogging itu bukan dilihat dari angka follower aja, tapi juga dari kualitas post kita. Quality is more important than quantity, I think. :)

Dina Pitaloka said...

Hehehe..lucu emang kalo ada orang yg minta follow tapi dia nya aja engga follow kita, sama aja kaya mau kenalan sama orang tapi bukannya nyodorin tangan sendiri malah bilang "Mana tangan lo? Gue mau kenalan", LOL!
Aku sih engga masalah engga di follback juga, ya aku lebih suka kalo yg follow blog aku itu emang nge-follow karena suka bukan terpaksa. Kalo ada yg follow aku dan minta follback juga no prob sih asal mintanya sopan. Tapi tetep aja aku juga bakal lebih suka nge-follow blog yang aku suka. Jadi mau di-follow ato nge-follow, follow lah dengan ikhlas ^.^
* Ngomong apa sih ribet banget #abaikan*

Dina Pitaloka said...

Kelupaan, soal fanpage facebook juga setuju ah. Ribet kalo ada giveaway yg wajib like fanpage. Soalnya ya aku sih udah engga ada fb , udah aku tutup soalnya berasa almost useless *risih ama yg nge-spamm jualan juga*., nah daripada aku bikin akun fb lagi cuma buat nge-like fanpage2 tiap ada giveaway mending pass dulu deh ikut giveaway-nya, ya biarpun kadang suka greget sih kalo prize-nya menggoda.
Ohoho..aku jg pengalaman tuh follower twitter naik gara2 bikin giveaway padahal aku ga ngewajibin follow twitter tapi dapt tambahan point sih, abis giveaway udahan jeblok lagi deh follower gara2 pada unfollow. Ahaha..inilah efeknya kalo pada engga ikhlas nge-follow orang :D
Tetep ya bo intinya kudu ikhlas, lol ^.^

Catherine Kattie said...

Setujuuuu aku juga kadang kadang bingung, apa ruginya kl km follow saya duluan? Kl emang ga tertarik sama blog saya gpp. Tp kdg kdg aku ga tega, aku follow back

Catherine Kattie said...

Yg aq ingat xiao vee ini murah hatii dan tdk sombong selalu bersedia follow org ;)

Catherine Kattie said...

Iya siapa sih yg ga pengen punya follower byk, cm better pny follower dikit setia
Drpd banyak tp ada maunya

Catherine Kattie said...

Iyaaa aq banyak baca baca dr blogger seniorr hehehe semoga bs menambah ilmu
Hormatt pe ci priciii

Catherine Kattie said...

Emberrr aku pernah diunfollow bbrp twitter
Yaaa gpplah ini efek giveaway, plg ga msh byk teman yg bersedia ngobrol sama qta :)

Jane Rahayu said...

You're so inspirational! <3

Stella Lee said...

mwahahahaha siapa katie yang ngikutin aku.. bisikin dong :b
nice blog post <3 aku dari dulu juga gak pernah comment ke blog orang mnt difollow, soalnya udah berasa sendiri annoyingnya kalo dirusuhin suruh ngefollow

jangan harep bakalan aku follow deh klo orang yang maksa gitu -___-/

Catherine Kattie said...

Hahaha aku ga kenal stell. Ketemu br bbrp x kali. Blm kesempatan ngobrol sama dia. Cm dr jauhh mirip stell , dari belakang sih, pirang sama, panjang sama, kdg kdg dicurly
Pas ngadep depan ... Eng inggg enggg beda lohh...

Catherine Kattie said...

Thank u jane

Adel said...

bener bgt, kattie. walaupun aku newbie, kdg2 kalo ada yg minta follback aku agak hmm gmn yaa..tetep aku cek blog orang tersebut sih, dan kalo aku emg suka ya pasti aku follow, kalo ga ya mau gmn lagi masa ngefollow tp ga ikhlas. hehe ^ ^'

LeeViaHan said...

btul btul btul*ala upin dan ipin*,aku jg masih newbie yaa baru beberapa bulan lah,ada juga yg di blog aku minta di follow ,tp dia blom follow ,hadeeh ada"ja ku pikir org itu,ya cuma aku diemin ja lah,trus kalo ada yg minta folback sih aku ga masalah,tp pasti blognya aku slalu kunjungi,kalo aku mau follow mreka ,akunya sreg sama blognya,atau gak dia rajin posting blognya,soalnya kalo pandangan pertama blog dia gak rajin posting aku kurang suka ,hehe beda selera masing"kali ya,and palingan kalo aku juga suka stiap berkunjung ke blog naruh link aku,kalo dia suka mah ya sukur ,kalo ga suka ya gpp ^_^

ardiana aditya said...

iya setuju bgt Kak. ngapain nyuruh2 org ngefollow ya. kalo aku sih follow liat2 isi blognya juga. bukannya ngerasa isi blogku bagus apa gimana, tapi yang kita follow kan yg menginspirasi kita jadi ya kalo ga sreg ngapain di follow :)

Catherine Kattie said...

Betull betull betull

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...